Yogyakarta akan mutakhirkan basis data UMKM

dinas perindustrian perdagangan koperasi serta pertanian kota yogyakarta bersiap memutakhirkan basis data usaha mikro kecil serta menengah (umkm) makanya disukai kondisi terkini daripada usaha yang mampu mendukung kegiatan perekonomian selama wilayah itu.

dengan model pemutakhiran basis data usaha mikro kecil serta menengah (umkm), dicari ingin diperoleh data yang valid tentang keberadaan umkm masih pada wilayah ini, papar kepala seksi kajian juga pengembangan umkm dinas perindustrian perdagangan koperasi juga pertanian (disperindagkoptan) kota yogyakarta, sudarmono, pada yogyakarta, minggu.

menurut dia, dengan keberadaan data yang valid mengenai kondisi umkm dalam kota yogyakarta, maka bisa menjadi dasar bagi pemerintah daerah supaya menentukan program ataupun kebijakan yang pas, misalnya pemberian bantuan.

program rutin diselenggarakan supaya pengembangan umkm di kota yogyakarta dalam antaranya adalah pelatihan, juga pendampingan serta upaya motivasi terhadap pelaku umkm supaya dapat terus mengembangkan usaha dan dirintisnya.

Informasi Lainnya:

dinas perindustrian perdagangan serta koperasi kota yogyakarta sudah memasukkan pekerjaan pemutakhiran basis data umkm tersebut melalui unit layanan pengadaan (ulp) kota yogyakarta dengan kualitas konsentari sebesar rp105,35 juta.

kami harapkan, proses lelang dapat berjalan melalui lancar serta juli sudah banyak hasil dari pemutakhiran basis data umkm di wilayah, ujarnya.

sudarmono mengatakan, pemutakhiran basis data umkm dilaksanakan terakhir kali selama 2012 yaitu memutakhirkan sebanyak 2.100 data umkm baru, serta selama 2013 ditargetkan banyak sebanyak 2.400 umkm masih dan bisa terdaftar.

kami telah hanya perhatian pada umkm baru saja. setelah itu, petugas mau melakukan survei segera dalam lapangan membeli umkm dan masih, ujarnya.

berdasarkan data terakhir pada 2010, total jumlah umkm dalam kota yogyakarta mencapai 22.091 umkm yang tersebar dalam berbagai kecamatan di wilayah itu dengan spesifikasi terbanyak merupakan umkm yang bergerak pada bidang industri pengolahan pangan.

kami berharap, bisa mencari data umkm selama kota yogyakarta dengan laman yang sudah kami sediakan. nanti kami akan bekoordinasi melalui pihak teknologi info serta telematika untuk menampilkan datanya dengan online, katanya.

0 comments:

Post a Comment